Senin, 03 Oktober 2011

thumbnail

Transmitter TX200 Mini Fm Transmitter

Tentang TX200 - 200mW FM Transmitter

Daftar Komponen
Parts List:
R1 - 47K
R2 - 22K
R3 - 39K
R4 - 100
R5 - 27K
C1, C2, C4, C5, C9 - 1n
C3 - 4.7uF
C6 - 15pF
C7 - 6.8pF
C8 - 75pF
C10 - 100nF
C11 - 2pF
C12 - 10pF
C13 - 100uF

Q1, Q2 - BF199

L1 - 3.5 turns / 5mm dia. variable coil (65nH - 80nH).
L2 - Ferrite bead 1 turn or use 1uH inductor.

Technical Specifications:
Supply Voltage: 9V
Power Consumption: 35mA
RF Power: 200mW

Berikut adalah TX200 terbaru dan sangat meningkatkan VFO / VCO pemancar FM. Pemancar yang paling serbaguna untuk tanggal yang dapat berubah menjadi kesetiaan tinggi pemancar stereo FM PLL berbasis 200mW. Ini adalah sirkuit yang sempurna untuk transmisi musik Anda di sekitar rumah dan pekarangan. TX200 hanya menggunakan dua kumparan, satu dalam osilator dan yang lainnya di penguat VHF 200mW sehingga harus cukup mudah bagi siapa saja untuk membangun. Ini juga termasuk built-in pra-penekanan dan C5 untuk meningkatkan kualitas suara. Sementara perakitan pemancar perawatan harus diambil untuk memastikan bahwa C1 adalah secara langsung terhubung ke L1 dan L2 C9 ke. Topi ini menghilangkan distorsi bentuk suplai DC dan meningkatkan kualitas suara sangat. Suplai tegangan 9V juga sangat penting karena menyediakan jumlah yang tepat dari saat ini untuk Q1 untuk menghasilkan kualitas suara keras dan jelas. Saya berharap bahwa Anda akan bersenang-senang seperti aku yang sambil membangun pemancar ini. Nikmati! ;)

Power Meter

TX200 dilengkapi dengan built-in power meter berbasis LED. Ini adalah alat yang sangat bermanfaat yang akan memberitahu Anda jika osilator pemancar Anda adalah bekerja dengan baik. Jika sinyal RF ditransmisikan LED akan menerangi. Selain itu, juga akan memberikan Anda cara visual yang cepat untuk memeriksa berapa banyak daya yang sedang dikirim. Saya sangat merekomendasikan bahwa Anda memiliki pemancar dan meter daya pada PCB yang sama. Jika Anda ingin bereksperimen banyak, Anda akan menghargai ini selain murah tapi eksternal membantu.


Cara menggunakan PLL untuk digital tune frekuensi dari pemancar TX200?

Jika Anda ingin menggunakan Phase Locked Loop (PLL) untuk menyempurnakan digital frekuensi TX200 maka Anda akan perlu membuat perubahan kecil untuk osilator transmitter. Secara teoritis, mengubah variabel asli frekuensi osilator (VFO) untuk osilator dikendalikan tegangan (VCO). PLL menggunakan tegangan untuk mengubah kapasitansi dari dioda varicap / frekuensi dari osilator sehingga dua BB105 dioda varicap atau 15-30pF varicaps akan sempurna untuk ini.

Anda bervariasi kapasitansi dari dioda varicap (s) dengan menerapkan tegangan suplai antara 1 - 8V. Jika Anda menerapkan 1V kapasitansi akan menjadi sekitar 34pF, dan jika Anda menerapkan 8-30V kapasitansi akan 12pF (minimum). Sekarang, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa kita perlu mulai dari 1V? Alasannya adalah bahwa jika Anda menerapkan tegangan di bawah 1V kapasitansi boleh pergi setinggi 200pF dan kita tidak bisa menggunakannya. 100K resistor akan digunakan untuk menurunkan tegangan arus, karena hanya memerlukan varicaps arus 0.2mA untuk beroperasi!

Dengan pengetahuan ini kita mengganti C6 - 15pF kapasitor dengan dua varicaps dan satu resistor. Itu sudah cukup untuk dapat menggunakan 1 - 8V tegangan untuk mengubah frekuensi osilator. Perubahan kedua bahwa kita akan perlu membuat adalah dengan menggunakan kapasitor 2pF dan menghubungkannya dengan kolektor transistor Q2. PLL akan menggunakan ini untuk frekuensi sampel dan membandingkannya dengan frekuensi digital yang dipilih. PLL kemudian akan membandingkan frekuensi tersebut dan jika mereka tidak PLL sama dengan memvariasikan tegangan yang diterapkan pada varicaps, sampai dua frekuensi yang sama.

Bahkan sebelum Anda menghubungkan sirkuit PLL ke pemancar TX200 Anda akan perlu untuk menguji apakah osilator bekerja dengan benar. Kita bisa tune melalui seluruh band FM (88-108MHz) dengan menerapkan tegangan ke varicaps. Untuk melakukannya, menghubungkan "PLL - Kontrol Tegangan" PIN ke potensiometer 10K seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Dengan setup ini, Anda akan dapat menggunakan potensiometer untuk mengubah frekuensi pemancar. Jika Anda tidak dapat pergi melalui band FM seluruh atau jika frekuensi Anda keluar sepenuhnya maka Anda akan perlu untuk mengubah induktansi dari kumparan L1.


PLL Module

Skema dan instruksi untuk membangun modul PLL dapat ditemukan di pira.cz. Setelah bangunan itu dan melakukan beberapa pengujian dengan itu saya kagum dengan seberapa baik ini Tahap Locked Loop sirkuit melakukan. Itu stabil, kompak, sangat mudah untuk membangun dan menghubungkannya ke pemancar TX200 adalah seperti membuat sepotong kue!


TX200 Prototype Images



[Joko-Electronic]

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

About