Senin, 03 Oktober 2011

thumbnail

Teknik Pembuatan PCB

1. Gambar Langsung ke PCB,
Teknik ini sering saya pergunakan saat SMP dulu, carannya layout kita taruh ke permukaan PCB dengan dilapisi kertas karbon (biasa untuk menulis nota agar bisa tembus) kemudian kita gambar pakai pulpen/spidol permanen sesuai layout tsb. Maka akan terbentuk jalur2 pada PCB, kemudian dengan Spidol permanen/tahan air kita tebalkan jalur tadi.

2. Teknik Sablon,
Proses yang lumayan susah ini, mungkin bagi yang terbiasa dengan sablon dapat mengaplikasikan teknik ini. Pada proses ini dibutuhkan bahan-bahan yang sama seperti pada teknik sablon biasa seperti: kasa-screen, tiner sablon, cat dan lain-lain. Cara pembuatnya pun hampir sama dengan sablon biasa.


3. Teknik Fotoresist,
Pada proses ini dibutuhkan beberapa alat dan bahan yaitu : Lampu UV, Larutan Positif-20 dan larutan NaOH. Cairan yang digunakan sangat berbahaya bagi lingkungan. Oleh sebab itu pembuangan limbah harus memperhatikan lingkungan.

4.Cetak Langsung ke PCB,
Inilah proses penggabungan antara proses nomor 1 dan nomor 2. Pada proses ini digunakan teknik khusus untuk menyalin layout ke PCB yaitu digunakan mesin printer khusus yang telah dimodifikasi.

5. Cutting Stiker,

Hasil print layout bawa ke tukang sticker cutting, tinggal tempel ke PCB dan larutkan. Hasilnya tergantung daya rekat stiker ke PCB. Jika bocor maka PCB akan gagal.



6. Teknik Transfer Paper,
Dari ke-enam Cara Membuat PCB tersebut kita bisa memilih sesuai kebutuhan, mana yang lebih praktis dan ekonomis. Teknik ini merupakan teknik yang mudah. Hanya dengan menggunakan printer laser dan kertas semi glossy dapat menghasilkan rangkaian PCB berkualitas bagus.

[Joko-Electronic]

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

About